Pembukaan Dies Natalis ke-60 UNY

Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) merayakan Dies Natalis ke-60 dengan penuh semangat, sekaligus menandai perubahan status kelembagaannya menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH). Transformasi ini dianggap sebagai langkah penting dalam peningkatan prestasi, kreativitas, dan inovasi bagi mahasiswa, dosen, dan seluruh sivitas akademika UNY. Ketua Panitia Dies Natalis UNY, Prof. Dr. Mukhamad Murdiono, M.Pd., menyampaikan bahwa sebagai PTN BH, UNY terus berkomitmen untuk menerapkan inovasi dan strategi yang mampu mempersiapkan lulusan menjadi pribadi yang unggul, kreatif, dan inovatif menuju status world-class university. "Enam puluh tahun UNY telah menjadi bagian integral dalam mendidik putra dan putri terbaik bangsa. Transformasi ini adalah wujud komitmen kami untuk terus beradaptasi dengan perubahan zaman dan menjawab tuntutan global," ujarnya saat senam pembukaan Dies Natalis di Stadion Atletik, Jumat, 23 Februari 2024.

Dies Natalis kali ini, dengan tema "Transformasi Budaya Kerja Menguatkan UNY PTN BH," menjadi refleksi dan harapan seluruh sivitas akademika untuk terus berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan zaman. Resmi dibuka oleh Rektor UNY, Prof. Dr. Sumaryanto, M.Kes., AIFO., yang dalam sambutannya menyatakan bahwa UNY semakin dikenal baik di tingkat regional, nasional, dan bahkan internasional. Dalam upayanya meningkatkan kualitas pendidikan nasional, UNY mengusung komitmen kuat terhadap budaya dan produktivitas kerja. "Sinergitas dan kekompakan seluruh komponen UNY diperlukan untuk terus meningkatkan peran dan layanan kepada masyarakat dalam berbagai bidang," ujar Rektor UNY.

Peringatan Dies Natalis ke-60 UNY tidak hanya diisi dengan seremoni formal, tetapi juga dengan 56 kegiatan beragam, termasuk olahraga, seni budaya, akademik, dan kegiatan sosial. Hari ini, seluruh civitas akademika UNY turut berpartisipasi dalam senam massal yang diikuti oleh pembagian door prize sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi aktif mereka. Semoga transformasi ini membawa UNY menuju puncak prestasi dan terus memberikan kontribusi positif bagi dunia pendidikan di Indonesia. Selamat Dies Natalis ke-60 UNY.