Sejumlah Program Spektakuler Siap Meriahkan Dies Natalis ke-60 UNY

Kegiatan Senam Bersama dalam rangka dies natalis ke-60 UNY

Setelah melakukan kick off rangkaian Dies Natalis ke 60 UNY dengan meriah, Jumat (23/2) lalu, UNY kini bersiap melanjutkan peringatan berdirinya UNY dengan sederet kegiatan spektakuler lainnya dengan tema "Transformasi Budaya Kerja Menguatkan UNY PTN BH". Rangkaian kegiatan tersebut terdiri dari olahraga, seni budaya, akademik, dan sosial.

Agenda olahraga sudah dimulai dengan Senam Bersama. Kegiatan yang menjadi pembuka ini mendapatkan apresiasi tinggi. Hal tersebut ditandai dengan membludaknya jumlah peserta dan banyaknya hadiah doorprize yang diundi. Kegiatan itu diikuti oleh 2.584 peserta dari para dosen, mahasiswa, mitra kerja UNY, Polsek, Koramil, hingga pensiunan dan tamu undangan lainnya. Selanjutnya, agenda olahraga lain seperti Lari 8KM, Kompteisi Tenis Lapangan, Fun Bike, Kompetisi Voli, Badminton, dan Tenis Meja akan berturut-turut dilakukan hingga Mei nanti.

Sedangkan untuk kategori kegiatan Seni Budaya, panitia yang dimotori tim Fakultas Ilmu Sosial, Hukum, dan Ilmu Politik sudah mempersiapkan agenda Alumni Gathering, Pasar Kangen, Fashion Show Anak, Ketoprak, Wayangan, dan Festival Dalang Cilik. Kegiatan Seni Budaya ini ditargetkan bisa menarik lebih dari 5.000 peserta karena pelaksanaannya akan dilakukan dekat dengan masyarakat.

Tidak hanya kegiatan rekreatif, kegiatan akademik juga akan dilaksanakan. Kegiatan ini terbilang paling banyak sesuai dengan keberadaan UNY sebagai institusi pendidikan. Sejumlah seminar nasional dan internasional akan dilaksanakan termasuk di antaranya seminar internasional ICSSED dan Seminar Nasional Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial yang akan digelar hingga Agustus 2024. Selain itu, kegiatan sosial juga sudah dipersiapkan seperti donor darah dan sejumlah agenda bakti sosial.

Rektor UNY Prof. Dr. Sumaryanto dalam sambutanya di acara Senam Bersama menyatakan apresiasi terhadap peran UNY dalam mendidik generasi terbaik bangsa selama enam puluh tahun ini. Ia juga menegaskan komitmen UNY dalam meningkatkan budaya dan produktivitas kerja sebagai salah satu universitas pendidikan terkemuka di Indonesia.

Ketua Panitia Dies Natalis UNY, Prof. Dr. Mukhamad Murdiono, M.Pd., menyampaikan bahwa sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH), UNY telah terus melakukan inovasi dan menerapkan strategi untuk mempersiapkan lulusan yang unggul, kreatif, dan inovatif, menuju arah menjadi world class university. Hal ini menjadi momentum penting dalam memperkuat posisi UNY di kancah pendidikan nasional dan internasional.

Prof. Murdiono menambahkan bahwa tema yang diangkat dalam Dies Natalis ke-60 ini diharapkan dapat menjadi penyemangat bagi seluruh sivitas akademika dalam menjalankan fungsi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Perayaan ini tidak hanya sebagai ungkapan rasa syukur atas kesempatan dan kepercayaan yang diberikan, tetapi juga sebagai langkah awal dalam perjalanan UNY menuju masa depan yang lebih cemerlang dan bermakna.

“Semoga UNY dapat terus berkembang dan memberikan kontribusi yang nyata bagi kemajuan pendidikan dan kesejahteraan masyarakat di Indonesia,” kata Prof. Murdiono.

Dalam kesempatan yang sama, Prof. Murdiono juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung rangkaian kegiatan Dies Natalis ini. “Terutama kepada para mitra UNY yang telah memberikan dukungan luar biasa baik dalam bentuk fasilitas maupun hadiah sehingga kegiatan yang akan dilaksanakan bisa benar-benar menyenangkan dan spektakuler,” kata dia.